Mengajar Bahasa Inggris di Kelas 1 SD dengan Siswa Lebih Dari 50 Anak

Tulisan ini sebagai jawaban email yang masuk ke inbox saya. Seorang teman guru bahasa Inggris ;

Assalamualaikum wr. wbr. Saya seorang guru guru bahasa Inggris di SD Negeri , saya terkadang mengalami kesulitan dalam mengajar anak kelas 1 SD. Setelah saya melihat blog ibu, saya merasa tertarik ingin mengikuti trik dan cara bagaimana mengajarkan bahasa Inggris terutama kelas 1 supaya menarik. Jumlah muridnya 58 anak. Bagaimana cara mengajar di kelas dengan jumlah siswa sebanyak itu? Saya tidak mau berteriak-teriak terus.

Terima kasih

Jawaban saya ;

Wah banyak sekali muridnya bu, siapapun pasti kelelahan menangani kelas sebesar itu. Tapi that’s a life harus kita hadapi dan cari solusi. Selain membalas email beliau saya juga berjanji untuk memposting tulisan tentang tips mengajar di kelas besar di blog saya. Ini saran saya bu ๐Ÿ™‚

Berikut tips pembelajaran di kelas besar;
– Buatlah persiapan mengajar yang terencana; apa yang anak akan pelajari, kegiatan apa yang dilakukan, metode menarik apa yang membuat mereka memberi respon terhadap pembelajaran dsb. Ini adalah cara berpikir guru yang menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa – student centered.

Persiapan mengajar dibutuhkan agar kita fokus pada langkah-langkah selanjutnya bukan memikirkan selanjutnya anak diberi apa?

– Pastikan anak- anak pay attention atau tertib saat belajar. Kalau lisan tidak berhasil, ajak mereka bermain patung (ini trik guru supaya mereka diam/ tertib).
Contoh:
Guru: “Semuanya jadi Patung”
“Jadi Patung”
“Patungnya mendengarkan”
“Patungnya duduk rapi”
Ajak mereka bermain-main sebentar dulu untuk selanjutnya ke perintah terakhir.

Setelah mereka tertib barulah guru melanjutkan. Mengingatkan anak untuk tertib satu persatu akan menguras energi kita alih-alih waktu habis untuk mendiamkan anak-anak saja.

Banyak cara untuk attract their attention, dengan lagu atau permainan tepuk tangan yang dapat guru ciptakan sendiri.

– Kondisikan mereka untuk dapat tertib karena anak kelas 1 SD masih ‘hobby’ lari-lari bahkan kejar-kejaran dengan teman-temannya di dalam kelas. Hargai anak yang tertib dengan memberi pujian. “Wah ibu senang sekali A tertib hari ini”. Bisa juga sebelum pelajaran dimulai kita sugesti mereka dengan kalimat-kalimat positif seperti; “Ibu yakin deh, anak kelas 1B, anaknya tertib, selalu mendengarkan bu guru, disliplin bla…bla
Pasti deh “(acungkan jempol)

Kalau masih saja ada anak yang tidak mau duduk diam tempat, abaikan saja sepanjang tidak menggangu anak lain atau tidak memprovokasi teman untuk berulah negatif.

– Karakteristik usia mereka memang hanya dapat berkonsentrasi selama kurang lebih 15 menit jadi jika pembelajaran membosankan, mereka pasti punya acara sendiri-sendiri. ๐Ÿ™‚

– Karakteristik usia mereka juga masih suka bermain jadi kenalkan materi lewat permainan, lagu dan usahakan guru membawa alat peraga walaupun hanya prompt cards. Rencanakan permainan yang mendukung materi.

– Sesekali buat LK/Lembar kerja atau worksheet sendiri yang akan dikerjakan secara individual atau group. Pastikan anak-anak paham mengerjakannya. Guru jangan terburu-buru memberikan instruksi. Apabila guru merancang kegiatan group work, mintalah setiap individu untuk mengerjakan juga di buku tulisnya. Jadi semua anak bekerja.

– ketika memberikan materi, tidak terburu-buru. Materi tidak meluas karena nanti dapat membuat anak bingung contohnya jika guru ingin siswa mengenal angka 1 – 10 dalam bahasa Inggris, setelah anak bisa melafalkan pengucapannya berikan language focus sederhana misalnya

What number is it?
It’s ten
(Gunakan metode menarik untuk mengenalkan materi ini); permainan, lagu tepuk dst.
Lalu diakhiri dengan latihan soal; menyalin latihan di papan tulis ke buku tulis.

– Cara guru menilai hasil pekerjaan siswa juga harus diperhatikan. Biasakan mereka antri ketika bukunya akan dinilai. Guru juga dapat ‘menghadiahi’ mereka. ” bu guru suka anak/barisan yamg tertib. Yang tertib boleh pulang duluan”

Untuk urusan antri ini sepakati caranya dengan wali kelas 1, bagaimana trik mereka saat memberi nilai. Budaya antri juga harus dibiasakan sejak kecil.

– Sabar dalam mengajari mereka walau terkadang menjengkelkan akan tetapi bila disikapi dengan ‘enjoy aja’, ulah mereka justru mengundang tawa geli.

– Usahakan kita punya energi yang cukup saat mengajar. Kondisi lelah atau sakit bisa memicu emosi kita. Jadinya ingin marah terus. Save our energy , Buat apa marah malah akan membuang energi kita, begitu psikolog bilang ๐Ÿ™‚

Demikian beberapa tips mengelola kelas besar, mudah-mudahan bermanfaat.

, , , ,

  1. #1 by pingusenglishschool on 11 December 2012 - 8:27 am

    sungguh luar biasa membaca posting diatas, kebetulan saya pemilik salah satu kursus bahasa inggris namun tetap belum bisa membayangkan dalam satu waktu harus menghandle sekian banyak murid. itu lah luar biasanya guru guru kita ini, salut bu.

    saya sangat setuju dengan saran ibu yang mengatakan bahwa mengajar bahasa inggris ke anak usia dini tidak boleh terburu buru, secara motorik mereka masih dalam pengembangam sistem motorik halusnya jadi yang perlu ditekankan adalah pengulangan, satu lagi kalau boleh saya menambahkan, belajar bagi anak anak harus fun dan menyenangkan dengan begitu bahasa inggris akan lebih mudah diserap oleh anak anak.

    nice post bu…

  2. #2 by royyan on 24 December 2012 - 3:54 pm

    Sebagai siswa Sd, saya merasa kalau tidak ikut les, bahasa inggris saya tidak berkembang bu.
    Wah apalagi kalau siswanya banyak, di kelas kami yang cuma 25 saja, saya tidak bisa mnenagkap pelajaran bahasa inggris dengan baik apalagi kalau 58 ya ?

  3. #3 by Muhamad Sodik 7E 0905020162 on 1 January 2013 - 5:22 pm

    Really nice post Miss. I’ll do it in my class latter.

  4. #4 by novi hasan basri 7G 0905020070 on 6 January 2013 - 8:08 am

    Thanks for your posting Mis. It gives me more spirit in teaching.I am a teacher in an elementary school, I’ve done it, bit sometimes I find some thing difficulf. But when I read this posting, I gate more spirit to practice it again!

  5. #5 by Neneng yuliawati 7G on 7 January 2013 - 3:42 am

    it’s a good post miss….
    i’ll use it in my class when I was I teacher. how about controlling big class in senior high school?

  6. #6 by lila on 20 June 2013 - 12:03 pm

    Sangat inspiratif miss ๐Ÿ™‚

  7. #7 by lila on 20 June 2013 - 12:04 pm

    Tulisannya sangat membantu, saya wali kelas 1 bisa mengaplikasikan beberapa kegiatan yang dapat menarik siswa… ๐Ÿ™‚

  8. #8 by muti on 5 September 2013 - 5:24 am

    Thank you so much, miss. it’s so interesting and helpful. I will do it in my class ๐Ÿ™‚

Leave a reply to royyan Cancel reply