Apa itu PAKEM?

PAKEM singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif Efektif dan Menyenangkan .

Aktif

  • Dalam proses pembelajaran guru harus memciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif berpikir, bertanya, mempertanyakan, mengemukakan gagasan, bereksperimen, mempraktikan konsep yang dipelajari dan berkreasi
  • Anak terlibat dalam pengalaman langsung dan aktif menemukan sendiri dari pengalaman tersebut misalnya ketika mereka menemukan makna dari penjumlahan karena mereka terlibat dalam kegiatan penjumlahan dengan  menggunakan benda nyata (kancing, batu, kacang dll) atau ketika mereka memahami konsep musyawarah, karena anak-anak terlibat pengalaman langsung bagaimana proses musyawarah misalnya diawali dengan musyawarah dalam kelompok  mulai dari hal sederhana seperti menentukan permainan  bersama atau  kegiatan pemilihan ketua kelas yang dirancang serius oleh guru. Maka melalui pengalaman nyata  siswa membangun pemahaman sendiri secara aktif
Siswa mengidentifikasi asal tanaman dari biji, batang, tunas dll - pembelajaran  IPA kelas

Siswa mengidentifikasi asal tanaman dari biji, batang, tunas dll – pembelajaran IPA kelas

Kreatif

  • Kreatif berarti siswa mampu menghasilkan sesuatu
  • Guru menciptakan suasana pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk lebih banyak berbuat dan menghasilkan produk: pantun, model tiga dimensi, tabel dll dengan demikian daya cipta/kreasi siswa berkembang dengan optimal

Efektif

  • Efektif ketika siswa berhasil menguasai  kemampuan  tertentu setelah proses pembelajaran berlangsung
  • Guru menggunakan metode yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Ketika guru menggunakan permainan harus dipertimbangkan pula segi efektifas metode tsb dalam mencapai tujuan pembelajaran.   Bkan semata-mata menyenangkan siswa seperti halnya permainan biasa
  • Penggunaan alat peraga, pengaturan waktu juga harus diperhitungakan guna mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran

Menyenangkan

  • Menyenangkan adalah suasana belajar mengajar yang jauh dari rasa bosan dan takut sehingga siswa dapat memusatkan perhatian secara penuh  .

Secara garis besar, PAKEM dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat
  • Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat belajar siswa dan membantu siswa membangun pengetahuan dan pemahaman. Cara-cara tersebut diantaranya adalah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadi pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa
  • Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’
  • Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif termasuk belajar kelompok
  • Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecaha suatu masalah untuk mengungkapkan gagasannya dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkugan sekolahnya
  • Peran guru lebih sebagai fasilitator daripada penceramah artinya guru mendesain kegiatan pembelajaran yang aktif , kreatif efektif dan menyenangkan. Selama kegiatan pembelajaran guru tidak hanya berdiri di depan kelas tetapi berkeliling memantau kegiatan siswa dan membantu siswa dalam proses belajar

Sumber:

– Modul USAID PRIORITAS – Praktik yang Baik 1 di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)

, ,

  1. #1 by Dina Romadhiniaty on 23 September 2013 - 3:01 pm

    assalamu’alaikum ms resty,
    saya mau bertanya tentang PAKEM yg artinya pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. itu artinya siswa harus berperan aktif dalam pembelajaran dikelas tetapi bagaimana jika menghadapi siswa yg pasif yg msh malu-malu jika mengikuti pembelajaran dikelas? apa yg harus dilakukan oleh guru tersebut?
    terima kasih……….
    Dina Romadhiniaty 7e fkip b.inggris

  2. #2 by ketysoraya on 3 October 2013 - 3:32 pm

    it is very good idea for learning, therefore it can create fun atmosphere in the class,so the students are not boring when they get a subject.The influence of active,creative and effective learning conveys them to motivation what’s on their mind. Good luck ms. Resty

    Kety Soraya 7d fkip b.inggris

    • #3 by Ms. Resty on 4 October 2013 - 2:37 am

      Thanks Bu Kety . Hopefully it can inspire FKIP students or others.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: