Penggunaan Powerpoint dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 SD

onewebhosting.com

Dua hari yang lalu pertemuan pertama pembelajaran Bahasa Inggris di kelas satu untuk tema animals. Saya mempersiapkan sebuah presentasi Powerpoint sebagai media pembelajaran. Ada beberapa alasan mengapa saya menggunakan presentasi Powerpoint atau MPP ( Media Presentasi Pembelajaran) , yaitu:

  • MPP ini adalah salah satu variasi alat pembelajaran yang dapat guru gunakan di dalam kelas.
  • Dengan beragam alat peraga yang kita gunakan di dalam kelas mudah-mudahan dapat memperkaya khasanah pengetahuan anak.
  • Di era digital saat ini mau tidak mau dunia pendidikan juga harus menyentuh teknologi yang dinamis berkembang. Pembelajaran dengan Powerpoint yang membutuhkan alat seperti komputer dan proyektor. Sebagai pengganti board and chalk menjadi sebuah keahlian yang selayaknya dikuasai oleh guru.
  • MPP yang digunakan akan membantu memvisualisasikan materi ajar lebih real . Gambar-gambar yang ditampilkan lebih jelas dan ukuran gambarpun dapat diatur. Pembuatan MPP tema animals ini cukup sederhana. Guru cukup browse gambar animals yang tersebar di situs intenet dengan memanfaatkan search engine Google gambar dan …. cling! Silahkan pilih gambar yang diinginkan lalu insert pada file powerpoint.
  • Belajar bahasa Inggris untuk young learners membutuhka strategi   khusus agar tercipta pembelajaran yang enjoyable. Usia anak dalam fase ini adalah usia bermain, dimana belajar seharusnya ditempatkan dalam suasana bermain sambil belajar. Visualisasi gambar yang menarik yang tersaji dalam presentasi Powerpoint animals dapat membantu anak  melihat objek binatang dengan jelas yang pada akhirnya dapat menggugah semangat anak untuk belajar.

, ,

  1. #1 by koeshariatmo on 28 February 2011 - 3:08 am

    hebat bu,
    sekarang ini anak sd sudah disuguhi presentasi powerpoint. Mudah-mudahan imajinasi mereka lebih berkembang dan membuat mereka lebih kreatif.

    saluut!

  2. #3 by TruenoAE86 on 13 May 2011 - 8:15 am

    Salam kenal bu guru…. wah hebat anak SD sudah diberikan materi dengan menggunakan Power Point…

    Semoga guru-guru di Indonesia bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan tidak menggunakan OS bajakan.

    salam FOSS (Free and Open Source Softwere)

    • #4 by Ms. Resty on 22 May 2011 - 1:21 pm

      Terima kasih kunjungannya pak
      Salam

  3. #5 by danny on 27 June 2011 - 11:30 pm

    Of course it’s enjoyable activity. Smoga Panjenengan tidk lupa Juga dengan pepatah (Jagger n Pinnell & Matlin, 1989: 80) :
    Tell me, I forget
    Show me, I remember
    Involve me, I understand
    good Luck my friend, it’s important lesson for basic on English mastery for next grade. Kalau punya metodhe lagi tularkan ya, terimakasih.

  4. #6 by Heri Yulianto on 20 December 2011 - 12:34 pm

    Tampilan powerpoint tentu sangat menarik minat adik-adik di sekolah dasar dalam pengenalan berbahasa inggris, semoga banyak Ms. Resty yang lain dalam melakukan improvement belajar. Tetap semangat pagi Ms. Resty

  5. #8 by dino on 8 January 2012 - 7:29 am

    horeeeeee……pasti anak2 akan seperti itu ketika saya masuk lab bahasa jika belajar seperti itu….thanks bu guru….

  6. #9 by vikymanis on 10 March 2012 - 3:42 am

    q ksulitan buat mater pakepower point..

  7. #10 by akbar on 20 May 2012 - 11:50 am

    salaam, bu guru sy minta diajarkan cara membuat game menjodohkan kata/gambar dengan ms powerpoint. kalo bersedia kirim ke email sy, sy akan sangat bertrimakasih

  8. #11 by saiful rohman on 23 May 2012 - 8:59 am

    wah salut aku……..ibu bisa menerapkan model pembelajaran seperti itu, patut dicontoh
    aku juga ingin seperti ibu menerapkan pembelajaran seperti itu tapi bagaimana ya?

  9. #12 by dewi yunita (@dewiyunita20) on 22 December 2012 - 9:12 am

    I think learning by using power point is very pleasant and the materials provided by the teacher can be easily remembered by students

  10. #13 by Anti on 1 March 2013 - 1:36 pm

    Wah….! Aku Salut Bangat Sama Ibu. Kalau Boleh Aku Katakan Ibu Sangat Luar Biasa. Menyajikan Materi Dengan Menggunakan Powerpoint Sudah Tentu Sangat Menarik Perhatian Anak-anak. Aku Jadi Semangat, dan MelakukanNya Seperti iBu.

Leave a comment