Pembelajaran Tematik #1

Dalam rangka implementasi Standar Nasional Pendidikan yang dijabarkan dalam Permendiknas no 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, maka pembelajaran di kelas awal SD; kelas 1-3  dilaksanakan dengan pendekatan tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang dengan tema-tema . Mengaitkan berbagai mata pelajaran ke dalam sebuah tema tertentu sehingga memberikan pengalaman belajar yang bermakna (meaningfull) bagi siswa . Esensi dari pembelajaran tematik ini adalah agar siswa dapat melihat sebuah pembelajaran  secara utuh.  Karena sesuasi karakteristik tingkat perkembangan usia ini, mereka  masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistik) .  Untuk itulah Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator mata pelajaran  ( IPA, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika dsb ) yang dapat dikaitkan dengan tema, dipetakan dan direkatkan dalam sebuah jaring-jaring tema.

Karakteristik Pembelajaran tematik

  1. Berpusat pada siswa
  2. Belajar melalui pengalaman langsung
  3. Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
  4. Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran
  5. Bersifat fleksibel
  6. Hasil pembelajaran sesuai minat dan kebutuhan siswa
  7. Menggunakan prisinp belajar sambil bermain dan menyenangkan

 

Bersambung…

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: