Mystery Guest- Permainan dalam Program English Day

Sesuai janji saya kepada seorang teman netter , maka kali ini saya share salah satu game yang pernah kami  laksanakan untuk mengisi  kegiatan English Day ( E- Day)  di sekolah.

Kegiatan English day di sekolah kami – SDN  Sukasari 4 Tangerang, dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 6.45 – 7.15 WIB.   Diikuti oleh semua siswa-siswi dari kelas 1 s/d  6 dengan dipandu oleh seorang guru Bahasa Inggris.   Sekolah kami memiliki 6 orang tenaga pengajar Bahasa Inggris dan satu kordinator  sehingga jadwal guru pemandu E-Day  diatur secara bergiliran. Tim  guru bahasa Inggris  kami adalah Mr . Peter, Ms. Wiwin, Ms. Resty, Ms. Tini, Ms. Yanti dan Ms. Rias.

Dalam kegitan ini para siswa dikumpulkan  di halaman sekolah.   Mereka duduk sesuai kelasnya masing-masing. Bentuk /posisi duduk anak ; melingkar atau teater, disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan E-Day ini disi dengan kegiatan seperti games, recite poems, sing songs, drama, competitions dll.  Tujuan diadakannya program E-day ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Karena fokus kegiatan ini adalah membuat siswa aktif berbahasa Inggris  maka kegiatannya dirancang agar dapat memfasilitasi siswa untuk  dare to speak–  memproduksi kalimat-kalimat berbahasa Inggris.

Salah satu kegiatan  E- Day yang menumbuhkan keterampilan berbicara ini adalah permainan ‘Mystery Guest’. Bagaimana teknis pelaksanaanya?

  • Guru pemandu E-Day  memilih salah salah satu warga sekolah misalnya siswa, guru atau penjaga sekolah untuk dijadikan mystery guest ( dipersiapkan sebelum kegiatan).
  • Pilihlah orang yang cukup dikenal oleh semua siswa sehingga  di akhir acara,   mereka dapat menebak si msytery guest ini  (disingkat saja ya,  jadi : MG).
  • Dandanilah si MG ini agar  anggota badannya dari ujung rambut sampai ujung kaki tidak terlihat.  Kami memakaikannya sarung yang menutupi semua badan kecuali mata.  MG  dilengkapi dengan kentongan yang tersembunyi di dalam sarung. Untuk apa kentongan ini?  Tunggu jawabannya…
  • Ketika acara dibuka panggillah si MG .  Persilahkan  ia untuk duduk di kursi yang telah disediakan ( jika si MG  ini orang dewasa, mintalah ia untuk berjalan bungkuk agar postur/ tingginya tidak tertebak)
  • Jelaskan permainan ini pada siswa: Siswa diminta untuk mengajukan yes/no questions– Pertanyaan yang akan dijawab ya atau tidak oleh si MG. Wah.. ketebak dong kalau si MG nya berbicara…! Nah, itulah gunanya kentongan.  Kentongan ini berguna sebagai media dalam menjawab pertanyaan. MG akan memukul kentongan sebagai jawaban. Kentongan dipukul satu kali sebagai jawaban ya dan 2 kali untuk jawaban tidak. Got it?
  • The show begins…
  • Jelaskan  permainan dengan memberi contoh ungkapan atau menguatkan materi yes/ no question ini seperti are you….? atau do you….? .
  • Guru memberi contoh; Are you Luna Maya ? …………….Dan  MG pun memukul kentongan 2 kali artinya tidak atau bukan.
  • Acara ini pasti seru dan lucu! karena anak-anak akan  berebutan untuk maju ke depan mengajukan pertanyaan.  Pertanyaan mereka pun sungguh beragam seperti; are you a boy?, are you a teacher? , do you have children? is your son’s name …? dan sebagainya.
  • Puncak dari permainan ini adalah tertebaknya si MG .  Siapa orang di balik sarung ?
  • Ada satu tips bagi guru dalam melaksanakan game ini,  jika MG  kurang fasih atau tidak bisa berbicara bahasa Inggris. Berilah sebuah kode agar MG lancar menjawab pertanyaan misalnya  menepuk punggungnya  satu atau dua kali  agar MG memukul kentongan sesuai tepukan di punggung . Usahakan tidak terlihat audience.
  • Di akhir acara setelah clue cukup terkumpul , mintalah siswa untuk menebak  bersama -sama siapa si MG ini. Hitung one, two, three….! sambil menarik sarung- membuka misterinya! dan ………………plok…plok…plok clap your hands! —————si MG ternyata mang Diyat-penjaga sekolah kami yang sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris.

” Ms.Resty, kok mang Diyat bisa ‘ngejawab?’  seorang anak penasaran

‘That’s a game! he….he..he…”

, , ,

  1. #1 by Lily Susanti on 30 January 2012 - 2:53 pm

    I think the MG method program is a complex program. It means the program needs some supporters and needs a good management team to do that. Of course, I agree the program is good to improve children to speak up, to motivate children to love learning English, but if our school condition is not supported enough, how can we do?. Do you have any suggestion to make it simpler than you mention above?.
    Thank you.
    Lily Susanti, 7E.

    • #2 by Ms. Resty on 3 February 2012 - 3:41 pm

      You can create many activities which are suitable for your school. Explore them🙂

      • #3 by Rudi persistent on 26 February 2012 - 12:42 am

        Thanks Mr. Resty, your blog was really benefits for us especially for me . . . I have copy your articles . . . to practise in the school . . .

  2. #4 by Awang Setiaji on 30 January 2012 - 3:48 pm

    that’s really fun game , its open my mind to make E-Day also in my school , because its really good to improve student’s speaking skill , because commonly the students are improving their english its only writing aspect , so its good to make them able to speak and practice their speaking skill in english , thank you so much mrs.resty and I’ll try this game in my school to improve student’s speaking skill.
    thank you

    by. Awang Setiaji 7 D fkip unis

    • #5 by Ms. Resty on 3 February 2012 - 3:43 pm

      OK then tell me the progress ya Mr. Awang😉

  3. #6 by Awang Setiaji on 31 January 2012 - 4:41 pm

    that’s really advantages game miss , im interested in that’s game , its really develop student’s speaking capability in english , perhaph this game will be play in our class miss , i wanna prove my speaking also , with fun learning like this , thank you so much miss

    Herliana Agustina 7 D bahasa inggris unis

  4. #7 by herliana on 31 January 2012 - 4:44 pm

    that’s really advantages game miss , im interested in that’s game , its really develop student’s speaking capability in english , perhaph this game will be play in our class miss , i wanna prove my speaking also , with fun learning like this , thank you so much miss

    Herliana Agustina 7 D bahasa inggris unis

    Your comment is awaiting moderation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: