Tips Pembelajaran PKn – SD

Pelajaran PKn biasanya sarat akan teori tentang bagaimana siswa berprilaku dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya kita- para guru  sering terjebak dalam pembelajaran yang  cenderung ceramah, teoritis dan minim praktek.  Dengan kata lain guru hanya menyuruh anak untuk mencatat tulisan di papan tulis lalu anak diberi pertanyaan sesuai catatan. Dan terakhir dinilai. Pola pembelajaran seperti itu sering kali kita laksanakan berulang-ulang. Akibatnya anak hanya  cerdas dalam menjawab pertanyaan tetapi tidak ‘cerdas’ dalam berprilaku. Contoh kecil misalnya jika dalam pertanyaan ulangan disajikan kalimat seperti ini:

Bagaimana cara menjaga kebersihan?

Jawaban siswa: Membuang sampah pada tempatnya

100% jawaban anak semuanya benar!



Tetapi bagaimana realitanya? Masih banyak anak-anak yang tidak peduli akan kebersihan . Mereka tahu bahwa membuang sampah haruslah ke tempat sampah, tapi mengapa tidak dilaksanakan? . Ini Menjadi PR buat kita semua terutama para guru.   Bagaimana menyikapi hal ini?

Ada beberapa tips pembelajaran Pkn, yang mudah-mudahan dapat diterapkan dan sedikitnya memperbaiki kondisi ini :

  • Jadilah model yang baik.  Anak adalah peniru ulung. Mereka akan meniru tingkah polah orang dewasa termasuk kita guru sebagai orang terdekat di sekolah. Mudah-mudahan kita selalu memberi contoh yang baik buat mereka.
  • Anak butuh nasihat. Sebelum pembelajaran berilah mereka nasihat. Tidak usah panjang dan berbelit-belit . Tapi kontinyu dilaksanakan sesuai kondisi kelas.  Contoh  Guru :”Anak-anak,  kelas kita sudah indah dan bersih. Bagaimana menjaganya?   Anak-anak:  “Buang sampah pada tempatnya!”
  • Pajanglah slogan-slogan yang mengajak anak untuk selalu berbuat kebaikan misalnya AKU SUKA KELAS YANG BERSIH
  • Ciptakan iklim pembelajaran yang menyenangkan. Bukan hanya didominasi dengan metode ceramah saja tetapi  diselingi dengan metode-metode variatif . Mengajak anak untuk bermain peran, berdemonstrasi melakukan kegiatan dsb

Itulah sedikit tips pembelajaran, Mudah-mudahan bermanfaat.

, , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: