Memanfaatkan Sumber Belajar di Internet

Belajar dengan internet

Bel berbunyi. Anak-anak masuk kelas dan duduk di kelompok  masing-masing.  Bu Guru masuk sambil membawa laptop, dan sebuah alat yang kemudian kami tahu namanya  infocus karena kami lihat ada tulisannya. Anak-anak kontan bertanya-tanya tak henti-henti pada bu guru.

“Ini buat apa bu?”

” Yang ini namanya  apa bu? Kok ada sinarnya?”

“Bu, mau pesbukan, ya…?”

Bu guru masih asyik memasangkan beberapa peralatan. Setelah selesai memasangkan kabel-kabel ,  bu guru memulai pembelajaran hari ini. Oh.. Rupanya hari ini kami diajak bu guru untuk memanfaatkan sumber belajar di internet. Hari ini ada ulangan Pkn. Setelah selesai ulangan, bu guru memberi hadiah pada kami sebuah permainan interaktif lewat internet. Kami mengunjungi alamat www.duniabelajar.com . Kami memilih mata pelajaran Pkn Kelas 2 dengan pokok bahasan kegiatan musyawarah.

“Siapa yang mau mencoba menjawab pertanyaan nomor 1?”   bu guru bertanya. 40 anak yang ada di kelas mengacungkan jari. Semuanya ingin mencoba. Bilqis kemudian terpilih menjawab pertanyaan. Ia   menggerakkan mouse-memasangkan pertanyaan dengan jawaban yang benar.

“Siapa yang bisa nomor 2”  Anak-anak  serentak mengacungkan tangan tinggi-tinggi. Kali ini Rama yang mencoba menjawab dan Klik! jawaban benar! Anak-anak bersorak-sorai.

“Selanjutnya…:” belum selesai bu guru berkata, anak-anak sudah mengacungkan tangan. Semuanya bersemangat sekali. Kali ini Anelia yang mendapat giliran. Horeeee!!! anak-anak bertepuk tangan riuh sekali begitu jawaban benar.

“Mau lagi…?” tanya bu guru

“Mauuuuuu….”  sesaat kemudian terdengar suara kecewa karena kata bu guru waktunya sudah habis. Tapi bu guru berjanji akan mengadakan kegiatan ini nanti. Asyiiik…… !!! anak- anak bersorak lagi.

, , , ,

  1. #1 by didikoseng on 13 April 2010 - 4:42 pm

    Saya pernah berpikir, kelak jika komputer dan internet sudah memasyarakat orang tidak perlu lagi belajar di sekolah. institusi sekolah dan perguruan tinggi hanya sarana bertemu dan diskusi secara langsung antar siswa. Orang bisa belajar secara mandiri di rumah masing-masing tanpa harus perlu berangkat ke sekolah setiap hari.

    Hal ini sedang dalam usaha saya mengkampanyekan lewat situs facebook dalam upaya mengurangi penyebab pemanasan global. Orang tidak perlu keluar rumah yang notabene memerlukan kendaraan yang tentunya memakai bahan bakar dan mengeluarkan polusi.

    Mohon dukungan anda dengan bergabung di grup :
    http://www.facebook.com/group.php?gid=110730802180

    • #2 by Ms. Resty on 25 April 2010 - 4:36 pm

      Itu mungkin mirip dengan yang dinamakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), ya?

  2. #3 by ariefien on 15 May 2010 - 2:29 am

    intinya klu internet d berdayakan akan sangt besar manfaatny bu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: