Menghadirkan Nara sumber di Kelas

Bu dokter Ami mengajak anak-anak berelaksasi dulu sebelum masuk ke kegiatan inti

Guru bukanlah satu-satunya orang yang paling tahu di kelas.  Ada sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi murid dalam belajar seperi media; koran, majalah, buku, internet, radio, TV dsb. Juga lingkungan dan Nara sumber – orang yang ahli/paham dalam bidang tertentu. Menghadirkan nara sumber ke kelas adalah salah satu cara memperkaya wawasan murid-murid kita. Dengan mendengar langsung dari sumbernya, murid-murid akan lebih paham dan mendekatkan mereka pada dunia sekitar. Nah, berbicara tentang nara sumber ini, kelas kami kerap menghadirkan nara sumber agar informasi yang diperoleh lebih akurat.

Pada Pelajaran Bahasa Indonesia dengan KD  Menyimak Pesan, kami mengundang seorang dokter ke kelas untuk memberikan nasihat sekaligus tanya jawab dengan anak-anak. Dalam kegiatan ini,  keterampilan mendengar siswa dilatih dengan cara menyimak materi yang disampaikan oleh dokter. Keterampilan berbicara siswa pun turut pula terasah ketika sesi tanya jawab berlangsung. Saya melihat anak-anak dengan antusias bertanya ataupun menjawab pertanyaan . Kecakapan berbicara seperti mengajukan atau menjawab pertanyaan perlu ditumbuh kembangkan sejak dini. Hal ini penting agar nantinya anak-anak memiliki keberanian dan percaya diri untuk mengemukakan pendapaat.

Selain kecakapan kognisi dan psikomotorik, pembelajaran ini juga mengajarkan pada anak-anak untuk dapat bersikap baik (afeksi)  yaitu  mendengarkan dan menghargai orang lain yang sedang berbicara. Kegiatan ini ditutup dengan menuliskan point-point penting atau pesan yang disampaikan dokter.

, , , ,

  1. #1 by Lia on 31 March 2010 - 1:23 pm

    Dengan menghadirkan nara sumber langsung ke kelas, anak-anak jd lebih semangat dan pengetahuan anak jadi bertambah karena mendapatkan penjelasan langsung dari sang nara sumber..Ide yang sangat baik..

    • #2 by Ms. Resty on 31 March 2010 - 1:27 pm

      Terima kasih mbak Lia. Gimana Paudnya?

      • #3 by Lia on 31 March 2010 - 1:35 pm

        Paudnya berjalan baik, alhamdulillah dengan postingan ibu guru Ms.Resty saya mengambil banyak pelajaran, terimakasih ya mbak

      • #4 by Ms. Resty on 31 March 2010 - 2:36 pm

        Sama-sama mbak Lia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: