Mendiknas: Jangan Percaya Isu Soal UN Bocor

Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh menegaskan, apabila ada aduan-aduan terkait penyelenggaraan Ujian Nasional (UN), masyarakat bisa mengirimkan aduan ke Depdiknas. Mendiknas juga mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai apabila ada isu tentang bocoran soal.

“Jangan pernah percaya kalau ada yang mengatakan ini loh bocoran soal,” kata M. Nuh, dalam keterangan pers usai mengikuti ratas bidang kesra yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Presiden, Kamis (18/3) sore. Masyarakat bisa mengirimkan aduan terkait UN ini ke nomor 177 bebas pulsa, atau melalui e-mail di aduan@depdiknas.go.id.

Mengenai persiapan UN tanggal 22 Maret nanti, Mendiknas mengatakan semua sudah selesai dan sekarang tinggal proses distribusinya. ”Dalam distribusinya pun sudah diperhitungkan mengenai jarak terjauh dari perkotaan-perkotaan itu,” ujar Nuh. Keamanan soal-soal UN pun sudah terkendali karena hampir di setiap prosesnya melibatkan jajaran Polri.

Terkait program pengembangan pendidikan karakter bangsa, Mendiknas menjelaskan bahwa Presiden SBY meminta Depdiknas untuk membuat rumusannya. Ada dua pendekatan yang bisa dilakukan untuk melancarkan program tersebut, yakni pembiasaan dan pendekatan intervensi. ”Tidak harus pelajaran karakter itu menjadi suatu mata pelajaran tersendiri. Esensinya adalah bagaimana mengeksplorasi potensi yang dimiliki oleh seseorang dan diisi dengan nilai-nilai luhur, baik itu bersumber dari 4 pilar dasar kenegaraan kita, nilai-nilai agama, dan moral,” M. Nuh menjelaskan. ”Salah satu contoh pembiasaan yang dikatakan Presiden adalah kebiasaan untuk bersih,” ia menambahkan.

Soal penyelarasan antara dunia kerja dan dunia pendidikan juga akan terus-menerus disempurnakan. ”Tahun ini akan diujicobakan di 10 perguruan tinggi, yang kedua di 15 politeknik dan di 50 SMK,” tandas Mendiknas.

Selain melalui pendidikan formal, Presiden SBY juga mengimbau Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk ambil bagian dalam upaya pengembangan karakter bangsa. ”Melalui semua bidang seni dikerahkan untuk memperbaiki karakter bangsa kita,” ujar Menbudpar Jero Wacik yang turut memberi keterangan pers bersama Menko Kesra dan Mendiknas. (yun) Sumber:http://www.presidensby.info

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: