Kelas Kami Yang ‘Full Music’

Kelas-kelas di sekolah kami bukanlah termasuk kelas yang elite . Dengan kursi dan meja berderet rapi milik siswa masing-masing. Kelas kami hanyalah kelas biasa yang dipenuhi pajangan hasil karya anak dan alat peraga buatan sang guru. Kursi dan mejanya pun dari kayu yang ditata perkelompok agar kami dapat bercanda, mengobrol , berdiskusi atau seperti kata bu guru: agar kami bisa berinteraksi dengan teman.
Tapi di kelas kami, setiap harinya selalu terdengar lantunan lagu–lagu. Bukan berasal dari tape recorder yang disetel keras-keras, melainkan dari lengkingan suara anak-anak yang bernyanyi riuh-rendah.
Setelah istirahat atau setiap jeda pelajaran, bu guru mengajak kami untuk bernyanyi bersama. Bu guru menyebutnya ‘ice breaking’ atau ‘energizing. Tujuannya untuk ‘mencharge’ semangat belajar kami. Karena kata psikolog usia kami ini hanya memiliki daya konsentrasi sekitar 15-20 menit. Artinya lebih dari itu kami mulai sulit memusatkan perhatian terhadap materi pelajaran. Kami mulai asyik dengan kegiatan sendiri seperti mengobrol, melamun, jalan-jalan keliling kelas, mengganggu teman atau sekedar mengigit-gigit pensil 2B. Tak jarang kami berkelahi untuk masalah yang menurut kaca mata orang dewasa adalah hal yang sepele.
Salah satu cara untuk mengembalikan perhatian terhadap pelajaran, bu guru mengajak kami untuk menyanyikan koleksi lagu-lagu kesukaan kami. Walaupun sudah duduk di bangku sekolah dasar kelas dua, acara menyanyi bersama tetap menjadi acara yang menyenangkan. Lagu-lagu favorit kami bukan berasal dari penyanyi atau band ternama (sssttttt….sekali-sekali di luar kelas kami menyanyikan lagu-lagu cinta milik orang dewasa .….xixixixixixi…. Begitu derasnya lagu-lagu jenis itu sehingga mau tak mau kami mengkonsumsinya pula. Tapi ………., banyak dari syair lagu itu yang tak kami pahami)
Bermain Layang-Layang, Ampar-Ampar Pisang, Rasa Sayange, Becak, Menanam Jagung, Ayo Bernyanyi, , Bapak Tani Punya Kandang dll adalah sebagian lagu-lagu yang sering kami nyanyikan bersama. Tak jarang pula kami menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris seperti Good Morning, Old Mc Donald, Little Sunny Water , Table Number dll . Lagu yang berjudul B-I-N-G-O dan Kalau Kau Senang Hati adalah 2 judul lagu yang paliiiiiiiing kami sukai . Lagu itu termasuk ‘the most request’.
Setelah selesai kegiatan bernyanyi bersama, hmmmm….. benar-benar ampuh! semangat belajar kembali mengalir ke dinding-dinding ruang jiwa kami . Bu guru pun dapat melanjutkan pembelajaran.

Ditulis oleh bu guru kami: Resty Rasyid

, , ,

  1. #1 by kusumah wijaya on 11 February 2010 - 3:42 pm

    saya yakin mbak Resty jauh lebih baik dari saya. Sebab mbak Resty memiliki multi talenta yg luar biasa. Teruslah menulis mbak. Ibu guruku yang rajin berbagi

    salam
    Omjay

  2. #2 by Ms. Resty on 11 February 2010 - 3:57 pm

    Amin. Terimakasih Bapak adalah motivator sejati

  3. #3 by bundadontworry on 15 March 2010 - 5:44 am

    duh, hebatnya Mbak Resty, benar2 ibu guru idaman semua murid.
    selalu ada saja kegiatan yg menyenangkan setiap hari bagi siswa.
    salam

  4. #4 by Ms. Resty on 15 March 2010 - 5:50 am

    duh juga, (jadi geer nih bun..)
    Insya Allah mudah-mudahan Allah selalu memberi kemudahan..
    terimakaih ya, sudah borong komentar
    Salam kenal. Sering-sering mampir ya bunda..

  5. #5 by mamaprudent on 4 September 2012 - 3:49 am

    pengennya bisa kaya mba’ Resty..

    jd ikut termotivasi ini mbak,,, thanks a lot ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: