Mengaktifkan Sistim Kerja Otak Korteks Dalam Memotivasi Belajar Anak = Menanam Cinta untuk Si Buah Hati

OTAK

3 DALAM 1

1.  Batang Otak

– letak  dekat tengkuk, bagian  bawah rambut

– sering disebut juga reptil ( istilah bu Ery)

-bagian otak ini untuk pertahanan dan perlawanan

” Anak saya susah sekali kalau disuruh belajar. Kalaupun mau, itupun saya paksa. Sambil nangis lagi!”

Efektifkah cara anak belajar seperti ini?

Jika anak belajar sambil menangis, marah-marah, melawan dsb  itu salah satu ciri ia belajar dengan mengunakan batang otak . Ketika batang otak ( kita sebut saja reptil) ini dipilih anak sebagai jembatan dalam menghidupkan energi belajarnya  maka hasil belajar yang diperoleh akan bersifat sementara dengan kata lain sekarang dia ingat, besok lupa lagi atau  sekarang dia bisa, besok belum tentu.  Anak yang belajar dengan sistim otak ini hanya akan berpikir melawan , bertahan atau kabur.

Cara belajar seperti ini selain  tidak efektif juga akan  merusak kenyamanan kegiatan pembelajaran itu sendiri.  Alhasil tujuan belajar tidak dapat dicapai dengan maksimal.

Sebuah Ilustrasi

Ibu         : De… ayo belajar!

Anak      : Belajar melulu (mengerutu) – menggunakan otak reptil

Ibu         : Ibu Bilang belajar! (membentak) – menggunakan otak reptil

Anak      : Belajar lagi… belajar lagi… (menangis) – menggunakan  otak reptil

Anak dan Ibu melakukan kegiatan belajar dengan suasana tidak menyenangkan     ( otak reptil mendominasi)

2. Limbik

– otak bagian tengah

-bagian otak emosi

Belajar akan optimal jika sistim limbik ini aktif karena ada pengalaman positif yang dapat menyentuh  bagian otak ini. Nyalakan otak sistim limbik ini untuk merangsang belajar dan kreativitas anak!

3. Korteks

– otak bagian atas

Dengan menghidupkan sistim limbik maka otak korteks pun akan aktif berfungsi menyerap segala hal yang sedang dilakukan/dipelajari.  Hasil belajar tidak bersifat temporary tapi menetap, berkesan dan bermakna.  Jika kita masih ingat dengan pelajaran sewaktu SD dulu artinya otak korteks lah yang bekerja saat itu karena hasil belajar itu tetap melekat sampai sekarang.

Bagaimana cara mengaktikan limbik dan korteks ?

Hadirkan suasana belajar yang penuh kehangatan, kenyamanan dan cinta.

Ilustrasi:

Ibu         : De… ayo belajar nak…

Anak      : Belajar melulu, aku kan lagi main bunda… (mengerutu) – menggunakan otak reptil

Ibu         : Oke, mainnya berapa menit lagi ya…? – menyalakan limbik

Anak      : hmmm… sejuta menit  – menyalakan limbik

Ibu         :Kalau begitu bunda kasih kesempatan main dulu ya, 15 menit.  Setelah itu ade belajar, gimana?

–korteks aktif

Anak      : Baik bunda- korteks aktif

Bunda   :  (tersenyum bahagia)

Anak dan Ibu melakukan kegiatan belajar dengan suasana  menyenangkan     ( otak korteks mendominasi)

***

Wallahu a’lambishowab

Sumber : Seminar STOP kekerasan Pada Anak Melalui Komunikasi & Disiplin Produktif -Narasumber:  Ibu Ery Soekresno,Psi ( seorang pendidik, psikolog, konsultan, pengasuh rubrik di NAKITA dan Parents Guide). Ahad, 24 Januari 2010- Al Ikhlas Learning Center

(Buat : anak-anakku tercinta- Semoga kalian menjadi penyejuk hati bagi ayah bunda dan orang-orang disekelilingmu. Amin)

,

  1. #1 by mobil88 on 28 January 2010 - 5:03 am

    Tulisan Anda begitu inspiratif. Gambar yg cukup bagus, teruslah menulis…!!
    http://mobil88.wordpress.com

    • #2 by Ms. Resty on 28 January 2010 - 3:20 pm

      Terima kasih banyak untuk supportnya

  2. #3 by ayi on 25 November 2011 - 12:12 am

    Guru, ak mau minta bantuannya
    kegiatan apa yang ada kaitannya denga otak dan belajar?
    pengaruh buat otak dan manfaat buat pembelajarannya

    mohon bantuannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: