Menyiapkan Guru TK Menjadi ‘Koki’ Pembelajaran Dengan IAI

Menyiapkan Guru TK Untuk Menjadi ‘Koki ‘ Pembelajaran dengan IAI

Pemanfatan multi media dalam dunia pendidikan mutlak digunakan sebagai salah satu tuntutan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan. Pembelajaran menggunakan audio merupakan salah satu variasi metode pembelajaran yang dapat  digunakan di  Taman Kanak-kanak.  Anak-anak usia pra sekolah  yang memiliki ‘ curiosity’  yang tinggi  hendaknya disalurkan dengan menghadirkan pembelajaran yang menarik dan merangsang tumbuhnya kematangan belajar secara optimal.  Pemberian stimulus yang  baik agar tumbuh kembang anak sesuai dengan tugas perkembangannya adalah menjadi  salah satu tugas guru sebagai fasilitator di kelas .

Untuk itu guna memberikan pembelajaran yang menarik  dan menyenangkan pada anak ,  para guru Taman Kanak-kanak  sekecamatan Tangerang dengan antusias mengikuti pelatihan pembelajaran dengan menggunakan audio di kelas yang dikenal dengan sebutan IAI (Intruksi Audio Interaktif). Pelatihan ini dilikuti 75 peserta yang terbagi ke dalam 2 gelombang  dari tanggal 18 – 20 Januari 2010 bertempat di PSBG Bengkel Ilmu Tangerang dengan alamat SDN Sukasari 4  Jl. Perintis Kemerdekaan NO. 49 Tangerang.

Simulasi dengan pembelajaran IAI

Simulasi dengan pembelajaran IAI

Dalam pelatihan ini para guru TK dilatih untuk menjadi ‘koki’ pembelajaran yang menyuguhkan sajian pembelajaran dengan mengunakan ‘bumbu’ audio  untuk berinteraksi dengan siswa secara aktif.

Selain mengikuti sesi pembelajaran dengan Audio interaktif  dan menyaksikan bagaimana penerapan program ini pada TK yang telah melaksanakannya yaitu TK Al Amin, para peserta pelatihan juga diajak untuk membuat  Alat Peraga Murah (APM) yang dapat diproduksi sendiri dengan biaya yang minimal tapi menghasilkan kualitas yang maksimal.

Nara sumber pelatihan ini  dari DBE 2  (Desentralized Basic Education – USAID) yaitu : Mbak Okta, Mbak  Rose ditemani  Bpk. H. Iman dan Pak Edih.  Para Pengawas di Kecamatan Tangerang yaitu Bpk. Drs. Sudirman, Bpk. Edi S, S.Pd,  Bpk. Drs. Aminto, Bpk. Drs. Cahyani dan pengawas sekaligus MTT Kecamatan Tangerang Ibu Dra. Hj.Eneng Kustini turut pula memberikan materi di sesi pelatihan ini. Pelatihan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kepala UPTD Kecamatan Tangerang Bp. H. Saman, S.Pd. *(Bengkel Ilmu)

  1. #1 by Ms. Resty on 23 January 2010 - 6:14 am

    Para peserta mengikuti pelatihan ini dengan swadaya. Salut! Mudah-mudahan ilmunya dapat diamalkan. (Ms.Resty)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: