Pelatihan Teaching English for Young Learners – YOSKIDS Kalsel 1#

Selama dua hari dimulai tanggal 25 – 26 Mei 2012, saya berkesempatan terbang ke Kalimantan Selatan tepatnya di Pelaihari  kabupaten Tanah Laut – sekitar 64 km dari  Ibu kota Provinsi – Banjar masin. Di sana saya bertemu dengan guru-guru YOSKIDS  yang penuh semangat dan antusias mengikuti pelatihan. di hari pertama , saya bersama guru- guru YOSKIDS English Course berdiskusi banyak hal tentang bagaimana  mengaplikasikan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak (TEYL – Teaching English for Young Learners)

Ice breaking – mengenal kepribadian diri

Hal-hal yang kami diskusikan antara lain:

  • Tanamkan pada diri kita sebagai pendidik bahwa menyajikan pembelajaran yang menyenangkan adalah hak tiap anak dalam belajar. Guru harus mau repot mendesign pembelajaran yang menyenangkan dan memacu kreativitas anak – fun  and creative learning.
  • Untuk merancang pembelajaran yang enjoyable , guru harus memahami karakteristik  young English learners.  Dunia anak adalah dunia bermain. Let them play and learn.  Children love  playing and singing.  Cara- cara kreatif seperti memberikan materi ajar lewat lagu, games, chants, rhymes, story telling dan penggunaan multi methods  lainnya adalah  langkah tepat dalam pembelajan bahasa Inggris untuk anak-anak .
  • Banyak games, lagu  ataupun cerita  berbahasa Inggris yang dapat kita pelajari dengan mudah baik di buku-buku maupun di situs-situs internet seperti LearnEnglish Kids – British Council.  Namun demikian kita juga dapat berkreasi menciptakan lagu pembelajaran bahasa Inggris dengan cara mengadaptasi lagu-lagu anak  yang populer, kemudian syairnya kita sesuaikan dengan materi bahasa Inggris yang sedang dipelajari.
  • Ajak para pembelajar bahasa  Inggris muda kita untuk  creative thinking misalnya ketika belajar tentang animals. Mintalah anak-anak untuk menciptakan animals baru penggabungan dari 3 animals, maka akan lahirlah super animals yang memiliki banyak kemampuan

contoh

Dog + Fish + Bird  = Dogfish bird

Anak-anak pasti menyukai kegiatan ini, mereka akan berlomba-lomba

dan berlama- lama menggambar kreasi super animalnya :)

Ms. Yanti membuat super animal :)

  • Indoor and outdoor activity  dapat dikombinasikan untuk menghilangkan kejenuhan saat anak belajar

Pelatihan hari pertama berakhir pukul 16.oo WITA  dan masih  menyisakan semangat untuk esok hari – pelatihan hari kedua.

Terima kasih saya ucapkan kepada sahabat saya Bapak Syahrani,  visi beliau yang jauh ke depan Insya Allah dapat melahirkan  wahana  pembelajaran kursus Bahasa Inggris yang menjadi panutan masyarakat Pelaihari  juga  kota Borneo. Salam semangat.

 

Foto-foto pelatihan guru Yoskids di flickr.com

About these ads

, , , , , ,

  1. #1 by Ade Isma Lutarina on 21 September 2013 - 9:51 am

    maaf miss, tp saya mau bertanya bagaimana jika kita sudah mempraktekan games bahkan tarian dalam kelas tp ada 1 org siswa yg sama sekali tidak antusias dengan dengan kegiatan trsbt?

    • #2 by Ms. Resty on 2 October 2013 - 10:35 am

      Cari tipe kecerdasan untuk anak tersebut. Mungkin dia lebih tertarik ke bidang lain. don’t push him/her…

  2. #3 by Aji May Said (@aji_may) on 29 September 2013 - 11:23 pm

    I think it’s one of the creative inspirations to make the teaching-learning process go well. I’m inspired by the method that suggests students to draw “super-animals”. It’s super-fantastic! ^_^

  3. #5 by V3 Eunchan on 20 November 2013 - 10:49 pm

    It must be a very nice experience fro you, Ms…
    Discuss anything we like with the people who have same interest with us is worth a lot… n_n
    A very fun thing to do…
    By the way, I have tried that super animal technique to my 8th graders students.
    At first, I didn’t think that they would be anthusiastic since they are not young learner already.
    But, it was not like I think.
    Even though not a whole class doing it but most of students were having fun drawing it.
    I guess Junior High School students are still can be called children… Hihihihi…
    n_n
    Caw!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,450 other followers

%d bloggers like this: