Tips Memotivasi Siswa Kelas Rendah (Kelas 1-3 SD) untuk Menyelesaikan Tugas

Kendala yang dihadapi guru di kelas bukan hanya masalah kognisi atau psikomotor saja. M.asalah yang berhubungan dengan afeksi atau prilaku siswa terkadang menuntut guru untuk segera menanganinya.

Salah satu kendala yang dihadapi guru adalah sikap tanggung jawab dan kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru di kelas. Kerap kita sebagai guru menemui anak yang tidak dapat menyelesaikan tugas misalnya menyelesaikan soal latihan di papan tulis untuk disalin dan dikerjakan di buku tulis siswa. Waktu yang tersedia selama 2 x 35 menit belum cukup bagi mereka untuk menuntaskan latihan itu. Akhirnya lagi dan lagi mereka tak selesai. Latihan soal di sekolah ujung-ujungnya buat PR saja. Jika hal ini berlangsung terus menerus tentu jiwa pendidik kita tergerak untuk memperbaiki prilaku belajar ini. Jika motivasi verbal sudah tidak dapat digunakan mungkin strategi ini dapat membantu. Salah satu strategi yang saya terapkan di kelas adalah dengan permainan balap mobil (baca: balap nulis)
1. Sediakan 4 gambar mobil dengan warna berbeda yang mewakili tiap barisan bangku siswa. Unduh saja gbr mobil ini di google gambar supaya cepat.
2. Gunting/buat lubang berbentuk persegi panjang/kotak di bagian tengah gbr mobil. Ini gunanya untuk untuk menulis nama si pembalap.
3. Tempelkan ke empat gbr mobil di papan tulis.
4.. Tentukan siapa anak yang menjadi pembalap. Dialah yang menjadi wakil dari tiap barisan. Karena target dari permainan ini adalah agar ‘slow writer’ dapat menuntaskan tugasnya, tentu. saja kita memilih anak-anak yang selalu tak selesai menyelesaikan latihan.
5. Tulislah nama mereka di kotak yang tersedia
6. Buat aturan permainan balap mobil ini misalnya setiap barisan akan dinilai oleh guru apabila si pembalap sudah selesai menulis. Jadi sang pembalap harus bertanggung jawab pada barisannya agar teman-temannya mendapat nilai dari guru. Kalau pembalap belum selesai, harap menunggu.
7. Guru mulai menuliskan latihan di papan tulis untuk dikerjakan oleh semua anak. Dengan catatan , guru akan menilai tiiap barisan jika pembalap sudah selesai. So.. Does it work?

Alhamdulillah … Para slow writers akhirnya bisa menyelesaikan tulisannya. Dengan waktu 5x lebih cepat dari biasanya. Fantastik bukan?

Jadi kendala yang dihadapi para slow writers itu bukan pada kemampuan motorik halusnya akan tetapi adalah dari niat mereka untuk menyelesaikan tugas.

Posted with WordPress for BlackBerry.

About these ads

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,453 other followers

%d bloggers like this: