Metode Bercerita dalam Pembelajaran PKn- SD

 

 

Anak-anak pasti suka dongeng.  Kegiatan mendongeng atau bercerita ini dapat guru gunakan dalam menciptakan pembelajaran PKn yang menyenangkan. Metode bercerita ini dapat menarik minat belajar siswa. Selain itu  memiliki tujuan yang luhur karena  bermuatan  pesan moral yang baik dan sangat berarti  bagi perkembangan  jiwa anak. Mendongeng pun menjadi cara termudah mengajari sesuatu kepada anak anak tanpa kesan menggurui. Dengan kata lain tujuan utama mendongeng adalah memperkaya  pengalaman batin anak dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan pendidikan dengan cara yang paling sederhana dan menarik – (  Kak Kusumo –  http://www.rajadongeng.com . )

Menciptakan pembelajaran PKn yang menyenangkan dengan metode  bercerita,  menjadi salah satu teknik pembelajaran yang berguna dalam membangun  karakter dan kepribadian siswa.  Dalam kegiatan ini,  guru harus pandai memilih cerita yang sesuai dengan perkembangan anak ,  pun  diselaraskan dengan tujuan pembelajaran atau Kompetensi Dasar yang sedang ditanamkan . Ajaklah anak-anak duduk melingkar di atas karpet. Perlihatkan buku yang akan dibacakan. Kondisikan siswa agar fokus pada cerita yang akan disampaikan .

Selain mengambil kisah-kisah dari buku cerita yang sudah ada,  guru dapat pula menciptakan sebuah cerita  dengan melibatkan anak dalam alur cerita.  Contoh dalam pembelajaran dengan KD 1.1 Mengenal Pentingnya Hidup Rukun, Saling Berbagi dan Tolong Menolong- mata pelajaran PKn Kelas 2 SD semester 1.

  • Guru memulai kisah dengan : Di sebuah hutan hiduplah seekor anak ayam. ( Guru berjalan dan bersuara seperti anak ayam yang menciap-ciap) . Suatu hari anak ayam bertemu dengan kambing.
  • Guru meminta seorang anak maju ke depan ,  berjalan dan bersuara seperti kambing. Dari dialog diketahui bahwa anak ayam kehilangan induknya. Ia mencari pertolongan. Adakah teman-teman yang dapat menolongnya?
  • …. (kisah dikembangkan guru) …  anak ayam dan kambing bertemu dengan 2 ekor kuda( guru meminta 2 anak untuk berperan seperti kuda) akhirnya mereka bertemu dengan harimau. ( guru meminta satu orang anak  menjadi harimau) pada bagian ini pastilah anak-anak berebutan untuk berperan menjadi harimau. Pilihlah salah seorang dari mereka yang mewakili karakter harimau.
  • Kambing, kuda dan harimau membantu anak ayam mencari induknya. Hingga sore hari si induk ayam tak diketemukan juga. Mereka kecapaian ( guru meminta semua anak berakting seperti kecapaian)
  • Akhirnya anak ayam dapat menemukan induknya berkat pertolongan teman-teman binatang.

(klik disini untuk mendownload cerita lengkapnya)

Setelah selesai bercerita, guru dapat mengajukan pertanyaan baik lisan maupun tertulis sesuai dengan isi cerita yang telah didengarkan. Selain berguna untuk mengukur sejauh mana pemahaman anak terhadap cerita, juga sebagai alat penilaian di akhir pembelajaran.

Mudah-mudahan bermanfaat.

About these ads

, , , ,

  1. #1 by deeedy on 18 February 2012 - 2:21 am

    salam kenal buu…saya seorang guru sd kelas 1, mohon info nya ya untuk contoh perangkat pembelajaran tematik, saya ingin menerapkan di kelas saya secara full tematik tapi ini masih ada kesulitan syukron

  2. #2 by Edhel ludung on 28 February 2012 - 2:01 am

    Slm knl ya bu. .sy se org mahasiswa. . .sya btuh metode2 lain yg baru dalam pkn Sd m0h0n jwban ibu. . .

    • #3 by Ms. Resty on 27 March 2012 - 8:19 pm

      OK, Nanti saya share metode roleplay ya…
      Terima kasih sudah berkunjung

  3. #4 by hani on 10 January 2013 - 1:08 am

    Bu Resty, sy ijin ” nyulik” tulisannya tentang alat peraga ya . . . .

  4. #5 by yusrianiusman on 4 March 2014 - 1:04 am

    ass….salam kenal dari saya… bu saya butuh model atau media dalam pkn dg bahasa sd…..mohon jawabannya.

  5. #6 by permainan memasak anak on 9 April 2014 - 11:22 pm

    Hello, i think that i saw you visited my site so i came to “return the favor”.I am attempting to find
    things to enhance my site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,450 other followers

%d bloggers like this: