Belajar Bahasa Inggris dengan Bingo Games- Power point

dok. bigfishgames.com

Permainan Bingo sudah sangat dikenal anak-anak khususnya pada pembelajaran bahasa Inggris di level elementary. Permainan Bingo sangat efektif sebagai cara memperkaya vocabulary siswa. Permainan ini dapat dilakukan guru saat mereview materi pembelajaran . Cara bermainnya pun sangat mudah.

  1. Mintalah anak-anak untuk menggambar 3 deret kotak ke samping dan  3 deret ke bawah sehingga jumlahnya menjadi 9 kotak ( jumlah kotak boleh 16   kotak sesuai usia siswa)
  2. Tulislah kotak-kotak tersebut dengan nama-nama benda yang sudah ditentukan guru misanya tema:  fruits.
  3. Setelah anak menuliskan nama-nama buah di dalam kotak secara random ( bebas terserah anak)
  4. Permainan dimulai!   Mintalah anak untuk mendengarkan dengan seksama nama buah yang diucapkan guru.
  5. Guru mengucapkan nama buah misalnya grape- anak harus memberi tanda silang pada kotak yang bertuliskan grape, Selanjutnya guru mengucapkan banana- anak menyilang kotak bertuliskan banana dst
  6. Pemenang dari permainan ini adalah anak yang berhasil membuat garis diagonal, vertikal atau horizontal dari kotak-kotak yang telah bertanda silang.
  7. Ketika anak berhasil membuat garis dari 3 deret  kotak bertanda silang ( boleh diagonal, vertikal atau horizontal), teriakkanlah BINGO!

Nah, teknik di atas adalah permainan Bingo yang menggunakan media ‘chalk and board.  Adakah media lain yang lebih inovatif? Manfaatkanlah sumber belajar yang tersedia di internet. Saya mencoba untuk mengadakan permainan Bingo ini dengan mendownload di situs Wiganshoolonline. Pilihlah salah satu permainan bingo di sana misalnya zoo animals.

Tentu saja dalam pembelajaran dengan web ini dibutuhkan komputer , akses internet dan LCD projector untuk menampilkan gambar dalam ukuran besar.  Untunglah file ini dapat disimpan  dan  disajikan secara off line.  Perbedaan dengan permainan Bingo konvensional  adalah cara siswa menyelesaikan permainan. Di sini anak-anak harus menempelkan gambar yang cocok sesuai kata yang diucapkan guru. Permainan Bingo ini  disajikan dalam power point. Gambar-gambarnya pun menarik. Situs ini dapat kita gunakan jika kita ingin mengajar dengan menggunakan gambar sebagai alat peraga ( teach with pictures).   Di situs ini kita juga dapat mendownload Topic reading books , topic workbooks dan bingo games lainnya

Enjoy!

, , , , , , ,

  1. #1 by aryadevi on 12 May 2010 - 7:07 am

    salam ibu ^__^

    • #2 by Ms. Resty on 14 May 2010 - 3:09 am

      Makasih sudah mampir pak Arya
      Salam juga ^ _ ^

  2. #3 by Ari on 15 May 2010 - 4:46 am

    Salam kenal ibu guru
    ide permainannya menarik sekali. Saya sedang memikirkan,bagaimana kalau permainan2 yg berhubungan dengan pelajaran dibuat menjadi semacam game komputer (jadi dapat ide nih setelah baca artikel ini) cuma semoga nanti bisa terwujud tidak hanya di angan2 saja :)

    • #4 by Ms. Resty on 17 May 2010 - 8:01 am

      Kalau sudah jadi diupload ya.. :)

  3. #5 by cobaberbagi on 24 May 2010 - 3:17 am

    menarik sekali infonya bu
    perlu dicoba ni buat keponakan saya

    • #6 by Ms. Resty on 24 May 2010 - 3:52 am

      Silahkan. Thanks sudah mampir lagi… :)

  4. #7 by aminhers on 26 May 2010 - 3:06 am

    Postingan yg menarik Bu.

  5. #9 by hamz on 23 June 2010 - 12:00 pm

    nice blog mam… salam kenal. saya juga guru sd bu.. terimakasih artikelnya bagus sekali…

    • #10 by Ms. Resty on 24 June 2010 - 5:35 am

      Terima kasih sudah berkunjung ke sini. saya sudah berkunjung ke blog pak Hamdan , ternyata blognya berisi sekali.
      Salam kenal….

  6. #11 by Kak Zepe on 5 July 2010 - 7:31 am

    Saya ada cara belajar bahasa Inggris lewat lagu… Cepat dan Menyenangkan…

    Semua koleksi lagu dan cara2nya ada di:
    http://www.lagu2anak.blogspot.com

    atau klik ID saya, Kak Zepe, di atas.

    contohnya ada di:
    http://www.facebook.com/home.php?#!/video/video.php?v=130086027031702

    Selamat Belajar sambil Bernyanyi…. :)

    • #12 by Ms. Resty on 5 July 2010 - 1:52 pm

      Terima kasih sudah berbagi lagu-lagu yang bermanfaat untuk pembelajaran bahasa Inggris khususnya untuk anak-anak.
      2 thumbs up!

  7. #13 by syahfriati on 26 September 2010 - 1:32 pm

    Bu, sy permisi mengunduh ketikan Ibu yang in. Tnx tlh mengetik.

    • #14 by indriyani ok on 21 October 2010 - 7:08 am

      Ms.. mau tanya nih, permainan bingo sama dengan / termasuk dalam word wish game? soalnya saya sedang nyari penjelasan tentang word wish game…

  8. #15 by Fuji astuti on 22 October 2010 - 7:19 am

    Terima kasih bu saya senang sekali membaca blog ibu sangat mambantu dan menambah refensi saya tentang PAIKEM.
    Semoga banyak bu guru2 seperti ibu….aminnnn

  9. #17 by rozi indriani on 9 November 2010 - 10:21 am

    Ass ibu…salam kenal ya bu…kbetulan saya jga seorang guru bahasa inggris di SD…saya selalau berusaha memberikan materi pelajaran semenarik mungkin buat anak….namun terkadang tetap aja tidak menarik buat mereka….permainan bingo bagus juga ibu….saya akan cobakan….apa ada lagi yang lain buk???????

    • #18 by Ms. Resty on 12 November 2010 - 3:55 am

      Terima kasih atas kunjungannya. Insya Allah akan saya share yang lain ya…. Thanks

  10. #19 by ade on 19 November 2010 - 11:26 pm

    wah hebat,,, lanjutkan bu,,,

  11. #21 by DAVID PANGULU on 30 November 2010 - 8:29 am

    GAMESNYA KEREN BANGTS….
    TWO THUMB UP…???!!!

  12. #22 by tri retno on 1 April 2011 - 4:37 am

    em,,kedengaranya bgus bgt. smg wkt prsntsi ntar game itu bsa saya pakae. thank y mother

  13. #24 by angger on 11 April 2011 - 7:03 am

    asalam,,ms. resty,,game ini sangat menarik,,sehingga saya tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bingo,,apakah ibu memiliki refernsi buku terkait bingo,,,terimaksi,,

  14. #26 by jusuf on 5 May 2011 - 3:18 am

    terima kasih banyak bu, saya sedang belajar tentang bingo

  15. #27 by Kak Zepe LaguAnak on 16 September 2011 - 8:40 am

    Artikel yang menarik..blognya juga keren…
    Salam kenal sebelumnya..
    Nama saya Kak Zepe,..Saya penulis lagu anak..
    Juga penulis artikel2 parenting, dan pendidikan kreatif.
    Ada juga banyak artikel dan lagu pengajaran lagu bahasa Inggris
    Semua karya saya ada di http://LAGU2ANAK.BLOGSPOT.COM
    Mari bertukar link…

  16. #28 by Era Catur Setyo Rini (@Erachatoer) on 19 September 2011 - 12:55 pm

    Artikelnya bagus, sebagai mahasiswa PGSD yang sedang menjalani PPL saya sangat terbantu.
    terima kasih

  17. #30 by yanti on 20 October 2011 - 3:11 pm

    nice;)

  18. #31 by blog retno on 16 December 2011 - 12:25 pm

    Bu pnya prmainan bahasa?tolong share ea

  19. #32 by malekha on 26 March 2012 - 5:22 am

    ass mrs.resty….

    saya mahasiswa tingkat akhir,sedang menysun skripsi tntng pengaruh penggunaan teknik bingo game terhdap kosakata bhs inggris…saya mohon ingin share referensi buku sumber tntang bingo game bu….

  20. #34 by mas apudz on 1 May 2012 - 3:24 am

    nice posting Ms.. :)
    ini bermanfaat sekali..

  21. #35 by melly on 27 July 2012 - 3:36 pm

    thanks ms…saya sgat terbantu dengan posting ms…btw saya mau minta bantuan ide permainan yg cocok untuk mengajar quantifier. thanks for help

  22. #36 by joefatrah on 30 August 2012 - 2:53 am

    thanks infonya

  23. #37 by muji on 19 September 2012 - 5:03 pm

    Thank lot 4 info na buuu.,., sangat membantuuu.,.:D

  24. #38 by Nurul Anggraini on 2 December 2012 - 3:32 am

    hallo bu, ini saya nurul. saya tertarik sekali dengan permainan Bingo< dan saya mau menyakan kenapa kosakata dalam permainan bingo harus diacak terima kasih. Mohon dibalas karena saya membutuhkan tujuannya dalam sidang saya.

  25. #39 by Istiqomatul Mufidah on 9 January 2013 - 4:43 pm

    Assalamualaikm ….
    Ibu sya bsok ad peraktek ngajar nie
    sruh bkin alat peraga stelah i2 sruh peraktek d depan temen2
    aduh ,,, bu’ yaqin g pux idea tuk membuat x
    dan bingung mo praktek x ,,,,,,
    Alahmdulillh
    stelah sya buka web ibu
    terxta bxak alt peraga yg bza sya ambil dr web ibu’
    dan sya uga termotivasi dg web yg ibu buat
    sya jdi yqin lo’ qt kreative pasti process teaching qt akan berhasil.
    do’ain y bu’, mga dg memakai alat peraga ibu, sya bza praktek ni dg lanacar
    amin,,,,
    dan thanks bgt
    yach bu’ ….

  26. #40 by Maida on 20 May 2013 - 12:28 pm

    thankz ataz info game bingox yg sangat menarik,,,,,,sy adalah guru yg msih bru dalam mengajar,,,,mngkin ibu bs bantu sy dalam membuat rpp utk game bingo ,,,,

  27. #41 by rizky on 17 January 2014 - 2:00 pm

    salam kenal bu guru, terimaksih atas infonya yg sangat bermanfaat

  1. Game English « YohanaKarunia's Blog

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,444 other followers

