Sarapan Pagi di Sekolah

SDN Sukasari 4 Tangerang mengadakan program  tambahan nutrisi yang digelar  sebelum proses pembelajaran dimulai yaitu mulai pukul 06.00 – 06.45 WIB. Pagi-pagi sekali  para siswa-siswi sudah duduk rapi di dalam kelas untuk menyantap hidangan pagi yang disediakan para guru. Menu apakah yang disajikan untuk memenuhi kebutuhan gizi ini? Program tambahan nutrisi ini  tentunya diberikan agar asupan gizi mereka terpenuhi.  Kegiatan ini dilaksanakan  sebelum KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dimulai, maka meluncurlah istilah ‘Sarapan Pagi’.

Seperti layaknya sarapan maka waktu penyajiannya pastilah di pagi hari bedanya adalah menu yang  disajikan. Menu yang disuguhkan bukan berupa makanan, akan tetapi mata pelajaran yang akan diujiankan pada  UASBN .  Untuk itu dalam kegiatan ‘Sarapan Pagi’ ini  menunya  adalah Nasi goreng IPS, Bubur ayam Matematika, Lontong sayur Bahasa Indonesia dan Roti isi IPA.

Kegiatan ini diberikan kepada murid-murid yang duduk di kelas 6  sebagai langkah persiapan menghadapi UASBN yang akan dilaksanakan bulan Mei 2010 nanti.. ‘Sarapan Pagi’ ini berisi kegiatan pemantapan materi pada mata pelajaran yang akan diujiankan . Tim Guru kelas 6 yang tergabung dalam kegiatan ini adalah : Epih Sopiah, S.Pd, Qomarudin Ama.Pd, Suyatno, Ama.Pd dan Romlah, S.Pd. Selain mereview materi pelajaran yang telah diberikan di kelas, kegiatan ini juga membahas soal-soal Ujian agar siswa akrab dengan berbagai bentuk soal dan memahami  jenis pertanyaan sehingga dapat menentukan pilihan  jawaban yang  benar. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari dalam seminggu yaitu dari hari Senin – Kamis ini dan mendapat dukungan penuh dari orang tua murid.

Dengan senang hati para orang tua murid kelas 6 mengantar putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan ’Sarapan Pagi’. Bayangkan jika tiba di sekolah pukul 06.00 WIB, jam berapa berangkat dari rumah?  Jam berapa bangun agar tidak terlambat sampai di sekolah? Tapi hal ini  tidak menjadi halangan bagi anak-anak untuk tetap setia mengikuti kegiatan Sarapan pagi.

“Sarapan Pagi ini akan terus kami  pertahankan sebagai salah satu bentuk pelayanan sekolah” demikian Bapak Drs.Budi Yulianto- Kepala Sekolah SDN Sukasari 4 menjelaskan.

About these ads

,

  1. #1 by Murni Ramli on 15 April 2010 - 4:10 am

    Salam kenal Bu Resty,

    Saya pikir sarapan beneran, ternyata sarapan soal.
    Di Jepang ada juga acara sarapan seperti ini, tp bukan ngerjain soal-soal, melainkan sarapan membaca buku.

    Bagaimana kalo pas mengerjakan soal-soal, anak2nya diberi sarapan pagi beneran juga, Bu ? misalnya susu atau roti atau bubur kacang ijo hehehhe…tp ndak usah pake dana sekolah, tinggal usulin ke orang tua, kalo setuju, dananya dari ortu.
    maaf sekedar usulan, supaya anak-anak tdk terlalu stress menghadapi sarapan soal-soal

    • #2 by Ms. Resty on 15 April 2010 - 1:00 pm

      Boleh juga usulnya jadi two in one ya.. OK :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,452 other followers

%d bloggers like this: