Teknik Menghafal Lewat Lagu

Pendekatan belajar dengan menyanyikan lagu sebagai teknik pembelajaran, tentulah sangat efektif. Mengapa? karena anak-anak pasti suka bernyanyi.  Sayangnya lagu-lagu edukatif, apalagi yang menunjang pembelajaran, jumlahnya masih terbatas. Menyadari hal itu, saya mencoba mengubah lagu populer anak-anak untuk diadaptasikan dengan materi pembelajaran. Lagu-lagu hasil gubahan itu terbukti dapat membantu anak didik dalam menghafal materi pembelajaran.

Contoh Lagu pembelajaran  di SD  kelas rendah  adalah sbb:

MATEMATIKA

  • Bangun Ruang

lirik : Bangun Tidur

Bangun Ruang Dimana-mana

Ada kubus dan ada balok

Ada tabung dan ada Kerucut

Ada prisma dan ada Bola

(bisa dirubah juga dengan nama-nama bangun datar)

  • Bangun Datar

lirik:  Balonku Ada lima

Akulah segitiga

Yang punya kaki sama

Akulah segitiga

Segitiga sama kaki

Akulah segitiga

Yang punya siku-siku

Akulah segitiga

Segitiga siku-siku


  • Waktu (Jam)

lirik: Naik- Naik Ke Puncak Gunung

Jam berapa? Jam berapa?

Ini Jam delapan

Jam berapa? Jam berapa

Ini jam sembilan

Jam berapa? Jam berapa?

Ini jam sepuluh

Jam berapa? Jam berapa

Ini jam sebelas

(note: waktu dapat disesuaikan)

BAHASA INDONESIA

  • Imbuhan

lirik: Heli

Coba kawan, cobalah terka

3 macam imbuhan

Kalau kawan sudahlah bisa

Tebak apa namanya?

*Awalan.. (tepuk 3 x)

Sisipan

Dan juga akhiran

(* diulang)

  • Penggunaan Huruf  Kapital

lirik : ku-ku ru yuk begitulah bunyinya..

Aku sudah tahu gunanya huruf besar

Kalau nama orang pakailah huruf besar

Aku sudah tahu gunanya huruf besar

Kalau nama kota pakailah huruf besar

Aku sudah tahu gunanya huruf besar

Kalau nama hari pakailah huruf besar

IPS

  • Dokumen Pribadi

lirik: Kalau Kau Senang Hati

Kalau buat KTP, pergi kemana?     2x

Kalau buat KTP kita pergi kemana?

Kalau buat KTP, pergi kemana?

Ayo kita pergi ke kelurahan 2x

Kalau buat KTP kita ke kelurahan

Ayo kita pergi ke kelurahan!

Kalau buat SIM, pergi kemana? 2x

Kalau mau buat SIM, kita pergi kemana?

Kalau buat SIM, pergi kemana?

Ayo kita pergi ke kantor polisi    2 x

Kalau mau buat SIM, kita ke kantor polisi

Ayo kita pergi ke kantor polisi!

lirik : Cicak-Cicak di Dinding

Ini ijazah TK ku

Akte Kelahiranku

Dokumen pribadiku

Kusimpan, jaga selalu

PKn

  • Hak Anak di Rumah

lirik: Nama-nama Rasa

Siapa berhak bermain di rumah? aku, aku, aku.. aku itulah aku

Siapa berhak mendapat kasih sayang? aku,aku , aku itulah aku

Siapakah berhak dapat itu semua? aku.. aku..aku

Itu semua hak anak di rumah

Betapa bahagia kita semua…

IPA

  • Sumber Energi

lirik: pelangi

Energi energi, kutahu energi

panas, gerak  , air, listirk serta angin

energi energi kutahu energi

energi, energi banyak manfaatya.


About these ads

, , ,

  1. #1 by aryadevi on 26 March 2010 - 2:32 am

    boleh juga ibu nie, kreatif ..inovatif…

  2. #3 by ttg budi N on 28 March 2010 - 1:38 am

    wah siip bu semoga berhasil

  3. #5 by gwuntuklo on 28 March 2010 - 4:06 am

    Wah lumayan nih dapat oleh-oleh dari berkunjung di blog ini. Tapi nanti ya, saya pakai tips setelah saya menikah nih…

    Salam ya teh.. dan semoga sukses selalu,, saya akan berkunjung kembali

    • #6 by Ms. Resty on 28 March 2010 - 4:56 am

      Ini mah oleh-oleh dari Tangerang..
      Tangerangnya dimana ya? kalau boleh tahu..
      Ditunggu kunjungan selanjutnya
      Makasih sudah berkunjung

  4. #7 by priyono agung on 2 April 2010 - 1:45 pm

    wah ibu guru/ dosen keren sekali sungguh menginspirasi saya………

    • #8 by Ms. Resty on 3 April 2010 - 2:13 am

      Thanks pak Priyono. Berkunjung lagi ya, mudah-mudahan ada oleh-oleh yang bermanfaat.
      Salam kenal

  5. #9 by villy on 6 April 2010 - 3:28 pm

    kreatif sekali….boleh nyontek gak nih?

    • #10 by Ms. Resty on 7 April 2010 - 5:20 am

      Boleh dong… Makasih banyak kak Villy.. udah mampir. Jangan bosen main ke sini lagi ya..

  6. #11 by a@L on 14 May 2010 - 11:54 am

    miss….blh ga aku nyanyikan to all my students….kyknya bakal buat suasana bljar d kelas jd rame dgn nyanyian…..tnx sblmnya miss….u r the best teacher…..!!

    • #12 by Ms. Resty on 17 May 2010 - 7:55 am

      Dengan senang hati sekali bu Aal … :) Thanks sudah mampir …

  7. #13 by iik kurniasri on 17 July 2010 - 11:52 am

    Assalamualaikum bu, salam kenal dari saya ortu dari Sayyid Ridhwan, kelas 2 b, Sukasari 4, senang sekali hari ini bisa datang ke pertemuan dan kenalan dengan ibu, smoga kita bisa berteman dan sharing juga ya bu ……

    • #14 by Ms. Resty on 18 July 2010 - 3:32 pm

      Waalaikum salam. Saya juga senang sekali mama Sayyid Ridwan menyempatkan waktu berkunjung ke blog saya. Terima kasih atas kunjungannya ya….

  8. #15 by Kian Santang on 22 July 2010 - 9:10 am

    Assalamualaikum bu, salam kenal ya bu guru…

  9. #16 by Fadlianty Yahya on 24 September 2011 - 2:11 pm

    sangat membantu

  10. #18 by dias on 3 October 2011 - 12:51 am

    bagus sekali miss, saya suka dengan teknik menghafal lewat lagu :) pastinya anak-anak jadi ga kesulitan menghafal pelajaran ya? hehe. sukses untuk ke depannya

  11. #19 by Novia Ekow on 30 November 2011 - 11:12 am

    assalamu’alaikum bu..
    kreatif bgt,, mksh bu lagu2’nya sgt membantu saya dlm mengajar kls rendah….
    smoga tmbh kreatif n’ suksez slalu bu…

  12. #20 by 4riz_amazing on 4 December 2011 - 7:51 am

    makasih….atas berbagi Ilmunya….

    • #21 by dasep ruspandi on 7 March 2012 - 5:56 am

      Dasep Ruspandi

      Terima kasih banget atas kreasinya. mohon izin untuk dikembangkan dan ditunggu kreasi selanjutnya, yaaaah.

  13. #22 by subkhiatin noor on 30 May 2012 - 2:20 am

    Hebat, kreatif, inovatif aku suka bu, tapi kenapa metode menghafal dg menyanyi hanya dikenal untuk kelas bawah ya bu padahal dikelas tinggi jg bisa diterapkan lo , Seperti menghafal huruf ihfak haqiqi yg 15 ,menghafal jam 1 sampe 12 dalam bhs arab. Makasih bu lam kenal dari madura

  14. #23 by l@st3 on 22 September 2012 - 2:10 am

    sip….Ijin copy bu guru,

  15. #24 by ismail 0905020183 class 7e unis on 5 January 2013 - 3:40 am

    when the student wants to sing a song, If they always sing a song, the student have memorized the rhyme directly and also the words

  16. #25 by deslatu on 9 April 2014 - 1:09 pm

    kalau untuk menghapal porifera lagu apa??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,452 other followers

%d bloggers like this: